Oleh: Nur Maulidiyah | 6 Maret, 2009

Nikah Muda, apa betul mudah?


nikah muda juga bisa barokah

nikah muda juga bisa barokah

Banyak org yang bertanya (ceritanya sok seleb)..bagaimana rasanya nikah muda (kebetulan yg bertanya pihak2 yg memiliki keinginan terpendam u/nikah mda atau mungkin malah agak pesimis dengan nikah muda.

Apakah nikah muda itu mudah dan berakhir bahagia?

Masalah pernikahan merupakan hal yg menarik untuk dibicarakan terutama bagi kalangan muda. Banyak pula yang membahas tentang nikah dini/nikah muda, ada yang pro dan kontra.

Pernikahan sebetulnya bukan hanya masalah menyatukan dua hati, menyatukan cinta tapi lebih dari itu pernikahan adalah perjanjian yg kokoh. Dan itu tidak hanya janji pada pasangan tapi juga pada Allah.

Nikah juga bagian dari sunnah Rasulullah.

Apa nikah muda itu mudah. Saya rasa, klo orang sudah menikah tidak akan menjawab 100% mudah . Tapi ya ada kemudahan ada kesulitan

Biasanya yang banyak menghalangi orang nikah mudah salah satunya masalah ekonomi (padahal kemaksiatan merajalela ex pergaulan bebas, pacaran, dll).

seperti chat saya barusan dengan salah seorang temen di fesbuk

Teman:Coba bua wall Q de

Saia: ya,,,assalammualaykum wr wb

oo iya
Teman:waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

d wall Q coba baca comment dari Yxxxx
Teman: itu Q (iseng) tanya kapan dia nikah

karena dia uda kerja d perpajakan (lulusan STAN) dan uda punya pacar

terus dapat jawaban seperti itu

bagaimana pendapat Bu Firdaus?

——Akhirnya langsung ke TKP (maksudnya langsung baca)..ini dia

haha.. jangan terpengaruh oleh bullshit nikah muda..
hidup tu gak semudah yang mereka pikir..
terutama ekonomi..
mayoritas nikah muda hanya membebani negara ini saja..
nikah itu gak cuman ijab kabul trus malem pertama yang halal aja lho..
pasti ada kelanjutannya..
gimana kita ngejalani hidup semacam ituh..”

mayoritas broken home ato perceraian juga terjadi bagi pasangan-pasangan yang nikah muda.


Saia:ooo,,,ya tergantung niat nikah dan seberapa qta berhusnudzon kepada Allah ta..klo pikirannya begitu ya mungkin yg terjadi akan seperti itu

tapi klo kita dri awal niatnya bersegera dalam kebaikan

insyaAllah hal itu tidak akan terjadi

menikah= menggabungkan 2 rezki

itu saja,,jadi masing2 kita sudah ada ketentuan rizkinya…Allah menggabungkan

jadinya rizkinya Kuadrat

:):)
Teman:setujuuuuuuuuuuuuu :):)

karena Q blm nikah, makanya Q g menjawab comment dr dia

lha Q dhewe dorong Nikah e :D:D
saia:makanya segera nikah..jika sudah siap

Teman:lha? terus….. jodone sopo???

Saia:ya,,,mencarilah , istikharoh dan berusahalah..setelah itu tawakal

faidza azzamta fatawakal ‘alaLLah
Teman:artine opo?

Saia:jika kamu sudah bertekad maka berserah dirilah kepada Allah

:):)

ana doakan…supaya dapet yg terbaik..

Teman: Amin🙂

InsyaAllah Da’wah,Kuliah, Nikah,  kerja bukanlah seperti barat timur yang tdak bisa disatukan

Tapi yang satu akan mendorong yang lain

yang satu akan memperkuat yang lain

asal niatnya satu

Untuk ibadah saja…

More discussion about it?bagaimana pendapat anda? monggo diutarakan..

Cover "indahnya pacaran setelah pernikahan" edisi terbaru...xexe bercanda

Cover "indahnya pacaran setelah pernikahan" edisi terbaru...xexe bercanda



Responses

  1. “Tiga perkara yang mesti dipercepatkan, pertama solat bila sampai waktu, kedua percepat pengurusan jenazah, ketiga anak perempuan apabila sudah ada calon pasangannya, segera menikah”. (Hadist, maaf saya lupa siapa yang meriwayatkannya)
    So, nikah, mau muda kah atau tua kah, kalau sudah gak kuasa lagi menolak godaan syaitan, harap disegerakan. Syaratnya jelas, dah balikh dan beberapa persayaratan agama Islam lainnya.

    Alasan ekonomi? Saya mendengar banyak orang selalu mengeluarkan alasan untuk berbuat kebaikan. Terlalu takut akan dirinya sendiri, padahal janji Allah itu pasti. (ini kalau kita berbicara berdasarkan agama)

    Dari sisi ilmu lainnya, lagi2 tidak ada ruang untuk memberi alasan untuk tidak segera menikah. Betulkah ada korelasi antara ekonomi dan perceraian? Saya pikir tidak. Yang kebnayakan membuat orang cerai adalah ketidaksabarannya menghadapi cobaan hidup. Salah satunya ya itu tadi, ekonomi. Gak makan sekali aja dah mengeluh ke semua orang. Allah sendiri memberi perumpaan seperti seekor burung yang terbang dengan perut kosong di pagi hari, kemudian kembali petang harinya dengan perut kenyang. Kita tentu saja lebih banyak diberikan kelebihan daripada seeokor burung.

    Menikah adalah sesuatu yang sungguh indah, apalagi masih muda. Emang sih masalah cemburu itu sungguh berat. Makanya, apabila suami dan istri sama2 dalam semangat memegang aturan Allah dan RasulNya, Insya Allah, limpahan kebahagiaan akan diperoleh.

    Ayo kawan2, kita hindari kemaksiatan dan kegiatan2 sia dengan menyegerakan menikah.

    • Kemarin saya ingat2 hadist ini,,,syukron tambahannya🙂

  2. betul, lebih cepat lebih baik . . . omong2 barangkali ada kawan2 seperjuangan mbak nur yang dah siap nikah? kenalin dong . . . hehehe

  3. Intinya bagi yang masih pengen hidup sendiri dan ngotot belum maw nikah, ya menahan diri… Aku yang tidak terlalu taw masalah agama hanya bisa mengatakan tahan nafsu… Mulai dari pikiran… heheh karena tentunya aku belum pengen nikah…

  4. salam kenal…
    menarik sekali kalau bisa nikah muda…
    saya juga sangat berminat, namun masih belum mampu secara finansial…

  5. assalamu’alaikum

    mbak, saya juga “korban” nikah muda..he2..

    sujud syukur n alhamdulillah mbak, walau masih juga banyak yang bertanya2 di awal2 pernikahan….

    saya bersyukur banget banget…..

    walau masih banyak yang harus dipelajari seiring dengan bertambahnya usia dan waktu…

    doakan ya

    mampir juga mbak ke “rumah” saya

    =)

  6. 🙂 setujuuu…
    sayangnya memang tdk semudah itu..

  7. @gessi: Kamu mau? Ayo kita buat lebih mudah

  8. hadits di ats tu sapa perawinya ya… plss bgt ^_^

  9. masa gambar gue githu???

  10. da ga ya yg mo ma gue

  11. hai semua

  12. wow..wow..wow… Subhanallah… nikah dini keren… ^^ yg jd kndala saat ini… ortu ga ngizinin klo aq nikah sblm lulus kuliah.. kuliah aq msh 2 thn lg… pdhl tekad tuk nikah dah kuat bgt nc,.. hehe… Alhamdulillah lum ad Calonx.. mudah2an sama Allah dipertemukan ma Jodoh paz mndekati lulusan.. so paz lulus lngsng nikah.. hoho… Amin…

  13. q kangen semua in the home and mas aris

  14. waduuuu……h zaman karang mang bnyk orng nikah muda salut….salut…

  15. mending nikah muda dri pd nikah tua…..klw nikah tua ntar di sngka nggak laku2x…….he…he…he

  16. @mbak mega…sipp kalo diniatkan ibadah mbak..bukan karena gak laku2 (kaya ‘ lagu saja)

  17. nikah muda…
    pengen…
    hehe…
    drpd pcran trus ga ad guna na jg kn….

  18. sipp..insyaALLOH DIK

    qdoakan ya:)

  19. mba, boleh tanya gg ????? apa sii penyebab nikah muda itu ????

    • nikah muda yg mana dulu nih

      klo saya,,motivasinya,,,,supaya dapat pahala yg lebih bnyk hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: