Oleh: Nur Maulidiyah | 28 Februari, 2012

Muhasabah Diri: Menelaah Langkah , Luruskan niat


Assalammualaykum,🙂
InsyaAllah seminggu sekali saya akan mengaktifkan blog ini setelah sekian lama sering bolong-bolong dalam mengupdate. Tujuan Awal blog ini ada untuk sharing dan berbagi pengalaman hidup, hikmah,ilmu sehingga kita semua menjadi orang-orang yang diridhoi Allah.

Jika Muhammad assad menulis notes from Qatar , dan akhirnya menjadi sebuah buku. Saya ingin mencoba menulis hikmah dan apa saja yang saya temui di sini (Taiwan). Kali ini saya ingin berbagi tentang Menelaah langkah.
Apa maksudnya?

Begini, kita sering sekali di dalam hidup mengikuti roda yang berputar, seakan menjadi orang yang paling sibuk di dunia. So hectic!!
Dan saat itu, kita merasa dunia begitu cepat berputar dan tiba-tiba kita merasa sudah menua.Banyak sudah yang kita lakukan, tetapi kita jarang menelaah langkah, mentadaburi diri kita sendiri, atau kalau bahasa Umar bin Khattab Menghisab diri sendiri.
Menelaah langkah, menghisab diri adalah hal yang sangat penting karena dengan itu, kita bisa mengetahui apakah kita mengerjakan hal-hal yang diridhoi Allah, apakah kita melakukan banyak dosa, apakah hidup kita semakin hari semakin baik atau justru semakin buruk dengan standar Syariah Islam tentu saja bukan standar manusia atau hawa nafsu sendiri.

Dan tentu karena ini adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Islam

Dari Syadad bin Aus r.a., dari Rasulullah saw., bahwa beliau berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah swt. (HR. Imam Turmudzi, ia berkata, “Hadits ini adalah hadits hasan”)
selengkapnya di http://nurmaulid.tk/2012/02/menelaah-langkah-menata-niat/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: