Oleh: Nur Maulidiyah | 22 Agustus, 2013

Panduan Makanan Halal di Taiwan part 1


Saudaraku,

Allah telah memerintahkan dengan indah dalam firman-Nya:

كلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا واتقوا الله الذي أنتم به مؤمنون

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (Thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya,”(QS. Almaidah: 88) dan “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang ada di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan, karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu,” (QS.Albaqarah: 168).

Kita diperintahkan untuk memakan makanan yang halal   juga thayyib. Tentu kita tidak ingin bernasib seperti yang diberitakan Rasulullah Muhammad di dalam hadis.Al-Hafidz Ibnu Mardawih meriwayatkan sebuah hadis dari Ibnu Abbas bahwa ketika dia (Ibnu Abbas) membaca ayat: berdirilah Sa’ad bin Abi Waqash kemudian berkata: “Ya Rasulullah, do’akan kepada Allah agar aku senantiasa menjadi orang yang dikabulkan do’anya oleh Allah. “Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan do’anya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amal-amalnya selama 40 hari, dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba maka neraka lebih layak baginya, “(HR. At-Thabrani). Naudzubillah min dzalik.

Di Taiwan , tentu tidak semudah di Indonesia mencari makanan berlabel Halal. Berikut sedikit sharing dari saya🙂 silahkan jika ada yang mau menambahkan.

Halal 

-Mentah

1.Pastikan apakah ada label halalnya atau tidak . Beberapa ayam yang dijual di supermarket ada label halalnya, tetapi saya sendiri kesulitan menemukannya. Untuk bahan-bahan seperti bihun, kecap, saos, bumbu-bumbu masak lainnya ada yang terdapat label halalnya baik yang label halal dari asosiasi muslim Taiwan maupun dari majelis halal indonesia, Filiphina, dan Thailand. Teman2 bisa menemukan banyak produk halal di toko Indo, Thailand atau Filiphina

2. Ayam , daging halal bisa didapat di warung Indo, toko Indo, atau muslim Taiwan yang sudah dipercaya. Teman2 bisa tanyakan pada yg lebih dulu tinggal di kota tempat teman2 tinggal. Kalau di Chungli bisa didapatkan di warung mbak wati dan mbak fathimah yang letaknya di dekat masjid longgang Chungli.

3.Lihat komposisinya, bahan-bahan masak tidak semuanya halal karena bisa jadi dicampuri dengan  babi atau bahan haram lainnya. Jika tidak bisa membaca komposisinya dalam bahasa Mandarin , bisa menggunakan bantuan aplikasi “translate” untuk hp android. Kita tinggal mengambil gambar saja dan nanti otomatis akan diartikan.

Jika Ragu/tidak tahu, maka tinggalkan.

4.Aneka sayuran mentah

5.Aneka buah mentah 

6. Ikan mentah (raw fish), disebut halal di QS. 5:96

7.Teh,kopi, jus buah ,air minum murni, susu murni, dll

-Matang

1.Jika teman2 memasak sendiri, pastikan bahan2 yg digunakan halal. Cara melihatnya dengan melihat apakah ad label halalnya. Jika tidak ada, maka lihat komposisinya . Jika mengandung sesuatu yang diragukan/ tidak diketahui Tinggalkan.

2. Warung Indo yang sudah terpercaya kehalalannya ataupun warung muslim lainnya. Untuk di chungli ada beberapa warung Indo yang terpercaya seperti warung mbak watik, mb Aya yang semuanya berada di dekat masjid. Selain itu ad warung milik Muslim Thailand di dekat masjid dan warung Thailand mie dekat stasiun .Untuk di kota lain bisa dilihat di grup “Taiwan Halal Hunter” https://www.facebook.com/groups/241925212520414/?fref=ts

3.SNACK & Camilan

Berhati-hatilah dalam memilih snack dan camilan yg ada di 7eleven karena belum tentu yang di Indonesia ada label halalnya di sini juga ada seperti lays, cokelat dan lain-lain. Lihat komposisinya , jika ad yang meragukan seperti

a.” seasoning” yang kita tidak tahu itu bumbu apa dan terbuat dari apa, maka tinggalkan.

b.Emulsifier , pastikan berasal dari yang halal seperti soy lecithin (biasanya di kemasannya ada)

Berhati-hati juga dengan permen terutama yang kenyal .

Untuk  snack2 yang berlabel halal bisa dilihat di sini http://tainanhalal.blogspot.tw/

4.Makanan Vegetarian

Jika membeli di warung vegetarian, tanyakan pada yang dahulu tinggal apa memang terpercaya. Atau cari yang ada label budha vegetarian. Merujuk pada aturan mereka, bahan2 yang digunakan pure vegetarian +no alcohol (http://en.wikipedia.org/wiki/Buddhist_cuisine).

Jika membeli di convenience store seperti Sevel, ok mart, dan lain-lain. Pastikan ada lambang budha atau memang betul2 diperuntukkan untuk vegetarian (cek komposisi lebih aman).

5.Makanan berlabel halal 

di Family mart ada nasi instan berlabel halal dari asosiasi muslim Taiwan .

Berikut label halal Taiwan

Image

Sekian dulu, insyaAllah akan dilanjutkan di catatan berikutnya🙂 .Terimakasih atas kesediaan membaca.Semoga bermanfaat.


Responses

  1. Halo, Info ya

    Buku Bertualang ke Taiwan

    Terbitan Gramedia

    Rilis 20 Oktober 2014

    Only Rp 55.000

    Bisa Pre Order Disini, Dapatkan TTD Penulis dan Hadiah Menariknya \^o^/

    FB : Buku Bertualang ke Taiwan

    Baca Buku Bertualang Ke Taiwan, Ikuti Petunjuknya,Rasakan Sensasi Petualangannya (^?^)

    Love Taiwan Before, During, and After

    Taiwan is a Beautiful Heart
    Because Taiwan Will Touch you (^?^) ?#?BKT?

    Buruan yah….Xie Xie Ni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: