Oleh: Nur Maulidiyah | 23 September, 2017

5 Guru Kecilku, Memberi Pencerahan Seputar Pengasuhan Anak (ODOP2 of 180)


IMG_20170613_091927_550

Akhirnya setelah sekian lama sudah di tangan , akhirnya buku karangan teteh Kiki Barkiah bisa dibaca dengan banyak iklan tentu saja . Bagi teman-teman yang di Taipei dan sekitarnya jika mau meminjam dipersilahkan dengan senang hati. Tetapi karena krucils ikutan membaca jadi kondisi agak banyak lipatan :D.
Buku berjilid 1 dan 2 dengan judul yang sama menceritakan kisah pengasuhan teh kiki Barkiah di perantauan  di benua Amerika. Mendidik 5 anak dengan banyak balita tanpa bantuan keluarga  maupun  ART ditambah dengan kegiatan homeschooling anak anak yang sudah sekolah tentu bukan hal yang mudah .  Salah satu yang dilakukan adalah menumbuhkan inisiatif anak untuk membantu kegiatan rumah tangga . Selain itu dibentuk kebiasaan anak untuk selalu bermanfaat setiap waktunya. Wah ini PR banget. Supaya kita betul-betul menjadi manusia  bermanfaat dengan kegiata yang bermanfaaat.

Sebagai sesama orang perantauan , sangat merasakan juga  kerepotan tersebut. Karena memang pekerjaan ibu , sebuah pekerjaan mulia yang jam kerjanya hampir 24 jam . Tetapi saat kita yakin ini adalah ladang pahala maka kita akan ringan mengerjakannya .

Salah satu bab favorit saya di jilid adalah “antara saya , Homeschool, dan 24 jam. Teh Kiki memberi gambaran bagaimana mengatur waktu 24 jam dan menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga, menyusui , mengajar , menulis dan ibadah . Salah satu tipsnya adalah menyederhanakan urusan masak memasak yakni dengan menyiapkan makanan besar  utama, sayur biasanya berupa salad dan menyediakan buah. Dan setiap anak menyiapkan makannanya masing-masing menurut kapasitasnya.  Sehingga di pagi hari urusan itu sudah selesai dan dilanjut dengan urusan mengajar sampai menjelang sore.

Tips yang lain dalam mengatur waktu adalah dengan melakukan kombinasi pekerjaan atau multi tasking  dan menjadikan setiap detik waktu bermanfaat .

Buku ini sangat direkomendasikan untuk yang ingin mendapatkan pencerahan dengan menarik pelajaran dari pengalaman pengsuhan . Karena akan banyak pengalaman yang dibagi saat menghadapi kisahkisah unik masing-masing anak. Jika ibu-ibu mengingankan ilmu parenting secara mendetail maka mungkin bukan ini buku rujukannya . Tetapi jika anda termasuk membaca kisah dan menarik hikmah maka ini adalah buku yang tepat .

Selamat membaca , mengasuh dan berproses bersama ananda tercinta. Semoga kita dimudahkan untuk mengasuh amanah dari Allah sesuai dengan petunjuk Allah .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: